Kami menerima tulisan, artikel, laporan kegiatan dan saran-saran untuk dipublikasikan ke blog Pdt. Pahala J. Simanjuntak,MTh dengan mengirim e-mail ke: psh06simanjuntak@yahoo.com .

19 Desember 2008

HKBP Simorangkir maksimalkan pelayanan perayaan Natal

Jadwal pelayanan Natal di HKBP Simorangkir Distrik II Silindung telah terpampang di papan pelayanan gereja di ruang konsistori. Jadwal pelayanan mulai dari perayaan natal SM, Remaja, Ama, Ina dan Natal Umum, Ressort dan Distrik. Lain lagi Natal Keluarga Puskesmas, Kecamatan, Parsahutaon, SD, SMP, SMK , SMA dan Muda-Mudi semuanya itu akan dilayani oleh HKBP Simorangkir melalui Parhalado. Kegiatan seperti ini tentu tidak diabaikan oleh gereja sepanjang Panitia meminta kesiapan Parhalado ikut ambil bagian dalam perayaan ini. Mulai dari Liturgis, Mengumpulkan persembahan hingga pelayanan firman (khotbah) ditangani oleh Majelis gereja. Tak heren jika para majelis setiap pelayanan Natal harus pulang hampir pukul 24.00 Wib. Kenapa tidak? Parhalado harus mengawasi jalannya acara natal supaya terhindar dari keributan dan acara-acara yang tidak gerejawi.

DSCI1385__Small_.JPG

Pelayanan seperti itulah yang akan di hadapi oleh HKBP Simorangkir di bulan Desember ini. Sebelum pelayanan tersebut Pendeta Ressort dan Guru Huria telah memberikan pembekalan kepada para majelis serta mengatur petugas di setiap perayaan.

Pelayanan yang baik dari gereja melalui para Parhalado tentu akan membawa sukacita dan hikmah Natal dari setiap perayaan. Sehingga warga jemaat benar-benar merenungkan makna Natal sebagai tanda kasih melalui kelahiran Yesus di kandang domba di Betlehem-Efrata.

Tetapi kita jangan salah bahwa perayaan natal bukan untuk berpesta pora dan menunjukkan kebolehan/kemampuan Panitia dalam menyajikan beraneka acara yang tentu sekali membutuhkan dana. Baiklah Natal itu dijadikan sebagai moment berbelas kasihan kepada sesama sebab Allah telah mengasihi umat-Nya (Yoh 3:16). Percayalah saudaraku.

Penulis : Pdt. Pahala J. Simanjuntak, MTh

1 komentar:

BULIR SESAWI mengatakan...

STATISTIK JEMAAT HKBP
By : St. Maludin Sitanggang / Bulir Sesawi.

1. PENDAHULUAN
Pertama saya mengucapkan Selamat Tahun Baru, Selamat Tahun Diakonia Buat seluruh anggota Jemaat HKBP. Almanak HKBP 2009 tekah beredar dan dilengkapi dengan berbagai informasi yang cukup untuk diketahui jemaat HKBP.

2. DATA JEMAAT
Penulis hanya memberikan masukan, khususnya Kepala Biro Jemaat dan Kepala Balitbang, serta pimpinan HKBP.
a. Tahun 2010 telah dicanangkan sebagai tahun Sekretariat, dan Tahun 2011 tahun Jubelium HKBP.
b. Tentu untuk tahun 2010, sudah tertata dan terdata Jemaat HKBP. Artinya sudah diketahui berapa jumlah Bapak, Parompuan, Remaja, Naposobulung, Anak Sekolah Minggu, serta masing-masing berapa laki-laki dan perempuan. Saya sebagai peneliti melihat begitu banyaknya yang kosong STATISTIK JEMAAT setiap Ressort tersebut. Dan dalam satu Distrik mungkin ada yang sama sekali tidak terdata JUMLAH anggota Jemaatnya.
c. Pada Ressort tertentu, data jemaat yang ditampilkan adalah data tahun 2001, dan bahkan sudah ada yang menampilkan tahun 2008. Artinya Puji Tuhan masih ada kemauan untuk mendata/menata dan melaporkannya ke HKBP.

3. SOLUSI
Untuk mendata dan menata statistik Jemaat HKBP, penulis menawarkan beberapa solusi sebagai berikut :
a. Ada perintah langsung kepada setiap Pimpinan Jemaat HKBP. Dalam hal ini pimpinan jemaat tersebut memerintahkan kepada para Sintua Lunggu/Wijk untuk mendata Jemaatnya.
b. Pimpinan Jemaat melaporkan ke Ressort, ke Distrik dan seterusnya.
c. Seharusnya ada kontrak kerja kepada Pimpinan Jemaat, Pendeta Ressort dan Praeses, serta struktural lainnya. Janganlah jabatan itu menurut periode. Dalam hal ini periode Pimpinan 4 tahun, Pendeta bertugas 6 tahun dalam satu gereja dan dapat diperpangjang satu kali. Periode ini adalah saya sebut JATAH. Bisa jadi kalau periode adalah jatah, maka Pendeta yang ditempatkan tersebut tidak akan berkreasi. Bisa jadi Pendeta tersebut mencari amannya saja. Seandainya penempatan struktural tersebut adalah untuk mencapai TARGET, maka HKBP cepat berkembang. Kalau pimpinan memberikan target kwalitas tertentu kepada Pendeta yang menduduki suatu jabatan, maka bisa diganti kapan saja jika target tidak dapat dicapai. Khusus Statistik Jemaat, penulis menganggapnya tidak sulit, karena sudah pernah melakukannya dan sudah mengkader beberapa majelis.

4. KOMENTAR
Pimpinan HKBP tertinggi sampai dengan terendah, harus mempunyai komitmen dalam memajukan tugasnya. Janganlah sedikit-sedikit menanya dan menunggu laporan saja. Janganlah duduk manis di kantor menunggu laporan. Harus ada cek dan ricek terhadap tugas yang diterima dan yang diberikan.
Terimakasih, jika ada kekeliruan, mohon koreksi, Tuhan memberkati.


St. Maludin Sitanggang