Sesuai dengan Aturan dan Peraturan (AP) HKBP 2002 (pasal 7), bahwa ressort dilayani oleh Pendeta Ressort, Majelis (Parhalado) Ressort dan Sekretaris Bendahara Ressort.
Adapun tugas dari Majelis ressort ini adalah: a. Menyertai pendeta ressort memimpin ressort. b. Memotivasi dan melaksanakan kegiatan bersama dewan-dewan dan seksi-seksi di jemaat-jemaat yang ada di ressort itu. c. Melaksanakan keputusan Sinode Agung, Rapat Majelis Pekerja Sinode, sinode distrik, majelis pekerja sinode distrik, dan rapat ressort. Demikian disampaikan Pdt. Drs. Pilian Panjaitan, M.Div Pendeta HKBP Ressort Kramat Jati dalam acara pengukuhan anggota Parhalado Ressort HKBP Kramat Jati, Distrik XIX Jakarta 2 periode 2008-2012. Acara pengukuhan ini dilaksanakan pada hari Minggu 18 Mei 2008 (Minggu Trinitatis) dalam acara kebaktian.
Di depan 500 orang jemaat yang mengikuti acara kebaktian ini Pendeta Ressort yang baru bertugas 4 bulan ini, mengukuhkan dan memberikan Surat Ketetapan (SK) kepada Parhalado Ressort. Mereka terpilih melalui sebuah rapat yang disebut dengan Rapat Ressort. Parhalado yang dikukuhkan ini berjanji untuk melaksanakan tugasnya dengan baik sebagaimana telah dimaksudkan dalam Auran dan Peraturan HKBP. Parhalado Ressort tersebut adalah: St. O.N. Lumban Gaol, St. H.T. Manurung, STh (Utusan Synode Godang), St. Dr. P. Napitupulu dan St E Siahaan.

HKBP Ressort Kramat Jati terdiri dari dua jemaat, yaitu HKBP Kramat Jati sebagai Sabungan (jemaat induk) dan HKBP Gedong sebagai pagaran (jemaat cabang). Dilayani oleh beberapa orang Pendeta: Pdt. Drs. Pilian Panjaitan, M.Div sebagai Pendeta Ressort, Pdt. Bikwai Simanjuntak, STh, Pdt.Jones Panggabean, SMTh, (pendeta diperbantukan) dan Cln. Pdt. Ridwan Manik, STh. Pelayanan di dua jemaat ini berjalan dengan baik didukung dengan partisipasi warga jemaat dan Parhalado. Demikian penjelasan Pdt. Pilian Panjaitan kepada Tim Biro Informasi HKBP di ruang kerjanya setelah selesai kebaktian. Selanjutnya sedang dipikirkan pengembangan pelayanan selain pelayanan yang rutin. Misalnya pelayanan kepada marginal, buruh dan mahasiswa. Dengan demikian Parhalado harus benar-benar memberikan perhatiannya secara serius sehingga pelayanan gereja ini tetap baik. Di samping itu Parhalado Ressort juga akan memikirkan pembangunan sehingga jemaat yang mengikuti kebaktian merasa nyaman. Termasuk pembangunan menyangkut sarana maupun prasarana. Misalnya pengadaan Parkir, sound sistem, ruang sekolah Minggu, kantor dan lain-lain. Saat ini sedang dilaksanakan pengecatan gedung gereja dan perbaikan lainnya yang menelan biaya ratusan juta rupiah.
Gereja HKBP Kramat Jati yang berlantai dua dan beralamat di jalan Raya Bogor ini sangat diminati setiap jemaat yang mengikuti kebaktian setiap hari minggu. Alasannya adalah tempat yang strategis, gedungnya gereja yang besar, jauh dari kebisingan, nyaman dan aman. Hanya tempat parkir di gereja ini lumayan sempit.
Jemaat yang berjumlah kurang kebih 1000 Kepala Keluarga (KK) ini bebas mengikuti kebaktian setiap minggunya sesuai dengan jadwal yang disediakan. Setiap hari minggu Kebaktian diadakan 3 kali yakni pagi, siang dan sore hari. Pagi dan siang hari menggunakan bahasa Batak sedangkan sore hari menggunakan bahasa Indonesia.
Syalom bagi HKBP Kramat Jati dan Selamat kepada Parhalado Ressort, tingkatkan pelayanan.
Penulis : Pdt. Pahala J. Simanjuntak, MTh
Tidak ada komentar:
Posting Komentar